Thursday 5 October 2023

Materi PAI Kelas 9 Bab 1 Meyakini Hari Akhir Mengakhiri Kebiasaan Buruk

TORIQ. Diantara kita mungkin pemah mengalami atau melihat lewat media informasi adanya bencana alam seperti banjir yang dahsyat, gunung meletus, gempa bumi dan sebagainya. Di antaranya meletusnya gunung Semeru di Lumajang atau Malang, kecelakaan beruntun di jalan-jalan yang mungkin pernah kita lalui. Semua musibah itu terjadi di luar jangkauan akal dan kemampuan manusia untuk menghindarinya dan telah menelan harta dan jiwa yang tidak sedikit. Kejadian itu belumlah apa-apa jika dibandingkan dengan kejadian di hari akhir nanti. Lalu apakah hari Kiamat itu? Agar jelas, marilah kita pelajari bersama tentang hari akhir atau hari Kiamat.

Kompetensi Dasar :
  • 1.3 Beriman kepada hari Akhir.
  • 2.3 Menghayati perilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari Akhir.
  • 3.3 Memahami makna iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya.
  • 4.3 Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari Akhir.
Tujuan Pembelajaran :
  1. Menjelaskan pengertian hari kiamat.
  2. Menjelaskan peristiwa sesudah hari kiamat.
  3. Menjelaskan fungsi beriman kepada hari kiamat.
  4. Menjelaskan balasan amal yang baik dan amal yang buruk
  5. Menyebutkan, membaca dan menghafal QS. al-Haj: 7, ar-Rahman: 26-27, al-Zalzalah: 1-6, al-Anbiya': 47. al-Qari'ah:1-11. al-Ghasiyah : 1-2 
  6. Menjelaskan proses kejadian kiamat sughra dan kubra.
  7. Menunjukkan contoh termasuk kiamat sughra dan kiamat kubra.
  8. Menujukkan ayat al-Qur'an dan hadis berkaitan dengan peristiwa kiamat sughra dan kubra.
A. Pengertian Beriman Kepada Hari Akhir

Pada Kata Kiamat berasal dari bahasa Arab artinya bangkit dari kubur, bangkit dari mati, bangun dari kubur. Hari Kiamat berarti hari bangkitnya manusia dari kematian. Hari akhir atau hari Kiamat adalah hari berakhirnya seluruh proses kehidupan makhluk hidup di dunia atau hari hancumya bumi, langit dan seisinya. 

Iman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima. Beriman kepada hari akhir (hari Kiamat) artinya meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari Kiamat itu pasti datang yang ditandai dengan hancurnya alam semesta dan setelah mengalami kematian, seluruh umat manusia akan dibangkitkan dari alam kubur untuk menerima pengadilan dari Allah Swt. Hakim Yang Maha Adil.


B. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Keadaan Ketika Hari Kiamat

Banyak ayat al-Qur'an dan hadis Rasulullah yang menerangkan tentang hari akhir atau hari Kiamat, di antaranya sebagai berikut:

1. Kiamat adalah hari dimana terjadi guncangan yang sangat dahsyat. Gambaran kedahsyatan hari Kiamat bisa menyebabkan wanita menyusui melalaikan anak yang disusuinya, ibu hamil pun melahirkan anaknya seketika. Semua manusia bingung seperti dilukiskan dalam Qur'an:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُواْ رَبَّكُمۡۚ إِنَّ زَلۡزَلَةَ ٱلسَّاعَةِ شَيۡءٌ عَظِيمٞ  ١ يَوۡمَ تَرَوۡنَهَا تَذۡهَلُ كُلُّ مُرۡضِعَةٍ عَمَّآ أَرۡضَعَتۡ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمۡلٍ حَمۡلَهَا وَتَرَى ٱلنَّاسَ سُكَٰرَىٰ وَمَا هُم بِسُكَٰرَىٰ وَلَٰكِنَّ عَذَابَ ٱللَّهِ شَدِيدٞ  ٢


Artinya: "Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari Kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya" (QS.AI- Hajj [22]:1-2)

3. Saat Kiamat, alam semesta menjadi kacau balau dan sangat mengerikan, matahari digulung, bintang berjatuhan dan gunung-gunung dihancurkan, sebagaimana dijelaskan dalam QS. at-Takwir ayat 1-14:

إِذَا ٱلشَّمۡسُ كُوِّرَتۡ  ١ وَإِذَا ٱلنُّجُومُ ٱنكَدَرَتۡ  ٢ وَإِذَا ٱلۡجِبَالُ سُيِّرَتۡ  ٣ وَإِذَا ٱلۡعِشَارُ عُطِّلَتۡ  ٤ وَإِذَا ٱلۡوُحُوشُ حُشِرَتۡ  ٥ وَإِذَا ٱلۡبِحَارُ سُجِّرَتۡ  ٦ وَإِذَا ٱلنُّفُوسُ زُوِّجَتۡ  ٧ وَإِذَا ٱلۡمَوۡءُۥدَةُ سُئِلَتۡ  ٨ بِأَيِّ ذَنۢبٖ قُتِلَتۡ  ٩ وَإِذَا ٱلصُّحُفُ نُشِرَتۡ  ١٠ وَإِذَا ٱلسَّمَآءُ كُشِطَتۡ  ١١ وَإِذَا ٱلۡجَحِيمُ سُعِّرَتۡ  ١٢ وَإِذَا ٱلۡجَنَّةُ أُزۡلِفَتۡ  ١٣ عَلِمَتۡ نَفۡسٞ مَّآ أَحۡضَرَتۡ  ١٤

Artinya :

  1. Apabila matahari digulung,
  2. dan apabila bintang-bintang berjatuhan,
  3. dan apabila gunung-gunung dihancurkan,
  4. dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan)
  5. dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan,
  6. dan apabila lautan dijadikan meluap
  7. dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuh)
  8. dan apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya,
  9. karena dosa apakah dia dibunuh,
  10. dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia) dibuka,
  11. dan apabila langit dilenyapkan,
  12. dan apabila neraka Jahim dinyalakan,
  13. dan apabila surga didekatkan,
  14. maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya.
(QS. at-Takwir ayat 1-14)

4. Pada hari Kiamat, keadaan manusia sangat kebingungan, ibarat anai-anai yang beterbangan dan keadaan gunung-gunung seperti bulu-bulu yang dihambur hamburkan.

Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-Qari'ah 1-5:

ٱلۡقَارِعَةُ  ١ مَا ٱلۡقَارِعَةُ  ٢ وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا ٱلۡقَارِعَةُ  ٣ يَوۡمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ كَٱلۡفَرَاشِ ٱلۡمَبۡثُوثِ  ٤ وَتَكُونُ ٱلۡجِبَالُ كَٱلۡعِهۡنِ ٱلۡمَنفُوشِ  ٥


Artinya:" 1. hari kiamat, 2. Apakah hari kiamat itu? 3. tahukah kamu Apakah hari kiamat itu? 4. pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, 5. dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan". (QS. Al-Qari'ah 1-5)

Postingan berikutnya : Nama-Nama Hari Akhir/Kiamat
Previous Post
Next Post

0 comments: