Saturday 7 October 2023

Prakarya Kelas 8 Semester 1 Memahami Materi Prinsip Kerajinan Bahan Lunak

toriq. Prakarya Kelas 8 Semester 1 Memahami Materi Prinsip Kerajinan Bahan Lunak
Prinsip Dasar Kerajinan Bahan Lunak
Seperti pekerjaan kreatif pada umumnya, terdapat berbagai patokan, unsur, atau pijakan tertentu yang akan membuat kerajinan bahan lunak memiliki kualitas baik dan sesuai dengan tujuan pembuatannya. Hal itu disebut prinsip kerajinan bahan lunak yang di antaranya sebagai berikut:

Keterampilan tangan
Kerajinan bahan lunak seperti kerajinan tangan lainnya dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan. Meskipun kerajinan bahan lunak diproduksi banyak, produk kerajinan masih tetap mengandalkan tangan manusia dan tidak bertumpu pada kekuatan mesin seperti produk industri. Oleh karena itu, keterampilan perajinnya masih berpengaruh besar pada kualitas akhir dari kerajinan dan menjadi prinsip penting yang harus diperhatikan.

Keterampilan teknik
Pembuatan benda-benda kerajinan dilakukan secara berulang-ulang dan didasari oleh keterampilan teknis. Dengan demikian, produk yang dihasilkan sudah tentu memiliki kekhasan tangan yang nampak dengan detail, rumit, dan hanya dapat dilakukan dengan teknik yang paling efektif dalam menciptakannya. Keterampilan teknik tersebut masih berkaitan erat dengan keterampilan tangan seseorang yang sudah memiliki jam terbang tinggi dalam keterampilan teknik khusus tersebut.

Kedaerahan/tradisional
Kerajinan merupakan benda-benda yang mempunyai nilai guna praktis, bersifat universal dan diproduksi secara banyak. Namun, kerajinan bahan lunak masih dibuat dengan keterampilan tangan dan keterampilan teknis sehingga masih akan dipengaruhi oleh budaya hingga adat istiadat setempat. Bahkan ketika kerajinan yang diproduksi bertema kontemporer atau modern, kebiasaan setempat akan tetap memengaruhinya, contohnya gantungan kunci yang dibuat di Bandung (daerah pegunungan) akan memiliki karakter berbeda dengan gantungan kunci yang diproduksi oleh para perajin di Bali (pesisir pantai).

Jenis Kerajinan Menurut Manfaatnya
Secara umum, jenis karya atau kerajinan bahan lunak dapat dipilah menurut manfaatnya, yaitu sebagai berikut :
Kelengkapan busana
Produk kerajinan yang terbuat dari bahan lunak dibuat dengan mempertimbangkan produk tersebut agar dapat mempercantik diri dalam penggunaannya seperti dalam penggunaan busana. Contohnya produk-produk aksesori diri seperti kalung, gelang, cincin, dan bros.

Kelengkapan suatu benda
Kerajinan bahan lunak yang difungsikan sebagai kelengkapan suatu benda, seperti contohnya, kotak tisu yang dilengkapi dengan hiasan keramik pada bagian muka. Apabila kotak tisu sudah tidak terpakai, keramik tersebut dapat dilepas dan dipasangkan kembali pada tisu yang lainnya.

Kelengkapan rumah/bangunan
Produk-produk kerajinan dapat digunakan sebagai pelengkap rumah/bangunan tertentu dengan tujuan mempercantik seperti air mancur berbentuk hewan yang disimpan pada taman- taman rumah/bangunan.

Kelengkapan untuk upacara adat
Banyaknya budaya dengan segala bentuk ritual atau upacara adat nusantara, tentu bervariasi pula kerajinan bahan lunak yang dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap dalam prosesi atau ritual upacaranya, contohnya penggunaan lilin yang banyak digunakan dalam ritual adat seantero nusantara.

Dengan dasar prinsip kebergunaan atau kebermanfaatan kerajinan bahan lunak di atas maka kerajinan bahan lunak dapat dikategorikan sebagai produk yang memiliki fungsi atau tujuan, yaitu sebagai berikut :
  1. Menambah keindahan, dengan keberadaan kerajinan bahan lunak maka dapat memperindah penampilan.
  2. Memberi penekanan atau ciri khas pada suatu benda yang didampingi dengan kerajinan bahan lunak.
  3. Produk kerajinan bahan lunak merupakan pertanda atau simbol suatu kepentingan.
  4. Kerajinan bahan lunak menjadi prasyarat pemakaian yang jika tidak digunakan maka tidak akan bermanfaat.
  5. Kerajinan bahan lunak dibuat khusus sesuai dengan benda aslinya (duplikasi) untuk alasan dan kebutuhan tertentu.
  6. Kerajinan bahan lunak merupakan salah satu karya seni yang mencerminkan ekspresi keberagaman budaya nusantara maka kerajinan bahan lunak merupakan bagian dari karya seni.
Baca juga : Jenis dan Karakteristik Kerajinan dari Bahan Lunak
Previous Post
Next Post

0 comments: